Home

Cara Mengatasi Koneksi Internet yang suka putus nyambung

Masalah koneksi internet bisa sangat menyebalkan. Pekerjaan dan hidup personal pun terganggu. Client sudah sangat menunggu, serta pacar sudah sangat cemas karena pesan tidak dibalas pada waktunya. Internet error sangatlah mengganggu seluruh aspek hidup kita.

Terlepas dari device atau perangkat yang digunakan, mengatasi masalah internet yang error sangatlah sederhana, meski tak selalu mudah.

Bagi pengguna yang sudah hafal dengan penyebab koneksi internet yang mudah mati, terputus, putus nyambung, sinyal hilang, tidak ada akses internet (No internet access), maka sangat mudah untuk mengatasinya.

Tapi, jika kita tidak tahu pasti penyebabnya, atau koneksi internet bermasalah secara tiba-tiba, seperti tidak bisa nyambung ke PC/laptop, atau hanya bisa terhubung ke smartphone, maka panik pun terjadi. Kita tak tahu apa yang bermasalah.

Dalam artikel ini, saya sajikan beragam masalah internet dan cara mengatasinya dari konteks mana pun. Seluruh masalah internet yang lambat, putus, melambat, dan sebagainya, dibahas secara lengkap di sini.

#1 Sinyal Internet Hilang? Tidak Ada Akses Internet? Coba Restart Router!

Kehilangan sinyal internet sering kali dialami oleh pengguna yang menggunakan layanan internet dari ISP yang mungkin kurang berkualitas. Tapi, sinyal yang hilang juga bisa disebabkan oleh router Wi-Fi yang kurang kuat.

Kalau kamu adalah pengguna router Wi-Fi, dan kehilangan sinyal, atau tidak ada akses internet, cobalah untuk me-restart router Wi-Fi.

Perlu diingat, me-restart router bagi sebagian pengguna ISP tertentu bisa me-reset data-data atau informasi pribadi yang telah didaftarkan ke dalam jaringan ISP.

Selain sinyal yang hilang, masalah internet lain yang biasanya bermunculan tidak dapat didiagnosis atau diprediksi apa penyebab pastinya. Kebanyakan, jaringan internet yang error atau kurang stabil selalu ada kaitannya dengan ISP, jenis layanan internet yang dibeli, dan tipe jaringannya (3G, 4G, dsb).

#2 Mencoba Ping untuk Mengecek Koneksi Internet

ping internet

Bagi pengguna PC/laptop dengan sistem operasi Windows, kamu bisa mengecek bagaimana koneksi internet yang terhubung ke PC/laptop-mu dengan mencoba melakukan aktivitas internet dengan suatu website melalui IP address.

Buka Command Prompt. Di Windows 10, 7 dan 8.1, buka Start menu dan cari cmd untuk mencari Command Prompt.

ping internet error

Kemudian terbukalah jendela Command Prompt. Di sini, kita bisa melakukan diagnosis atau mengecek kondisi koneksi internet yang sedang terhubung ke PC/laptop. Salah satunya adalah dengan menggunakan perintah ping.

Ketik ping google.com atau ping kompiwin.com, dan tekan Enter.

ping internet

Maka, muncullah barisan kode yang menunjukkan informasi detail dari koneksi internet yang dihubungkan ke domain website yang kamu ketik barusan.

Perlu diketahui, proses ini tidak dapat mengatasi koneksi internet yang bermasalah atau error, melainkan hanya sebagai jalan untuk mengecek jaringan internet – apakah mampu mem-ping suatu situs, dan apakah situs tersebut mem-ping balik PC/laptop kita lewat internet.

Apabila suatu situs tidak bisa di-ping, mungkin domain atau server dari website tersebut sedang dalam perbaikan. Jika PC/laptop kita tidak bisa mem-ping website apa pun, maka itu artinya koneksi internet yang kita gunakanlah yang bermasalah.

Satu-satunya cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah koneksi pada PC/laptop kita yang bermasalah atau server website yang kita kunjungi, adalah dengan melihat Packets yang kita kirim dan Packets yang kita terima dari website tersebut.

Apabila jumlah Packets yang kita terima (Received) kurang dari yang kita kirim sebenarnya (Sent), dan ada Packet yang tertinggal (Lost), kemungkinan website tersebut yang memang sedang down. Jika kita tidak bisa mem-ping situs mana pun, itu artinya koneksi internet kita yang down.

You May Also Like

About the Author: itjaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: